Senin, 19 September 2016

solusi mnyelesaikan masalah

MASALAH SOSIAL DALAM KELUARGA DAN SOLUSINYA

Pada tugas ilmu sosial dasar kali ini saya akan membahas tentang masalah sosial yang terjadi di dalam keluarga. Saya mengambil beberapa contoh masalah keluarga yang sering terjadi. Sebenarnya keluarga merupakan awal dari permulaan kehidupan manusia, karena itu bila terjadi masalah dalam keluarga pasti akan mempengaruhi keadaan sosial dari anngota keluarganya. Adapun contohnya adalah sebagai berikut :

1. Perceraian Orang Tua

Masalah perceraian orang tua adalah masalah yang  cukup banyak terjadi pada saat ini. Masalah ini akan    menekan keadaan sosial seorang anak yang menjadi anggota keluarga tersebut. Anak yang kedua orang tuanya mengalami perceraian cenderung akan selalu menutup diri atau terkadang anak tersebut susah untuk dikendalikan dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya.Contoh : Dani adalah anak dari keluarga yang orang tuanya berpisah. Karena hal itu  Dani lebih sering diluar rumah dibandingkan dengan dirumahnya. Ia lebih percaya dengan temannya dibandingkan orang tuanya sehingga ia terbawa dengan temannya, ia mulai mengikuti temannya seperti merokok.Dari contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa perceraian orang tua merupakan masalah sosial keluarga yang sangat mempengeruhi mental anak sehingga menjadi lemah dan kehilangan akal sehatnya. Oleh sebab itu, orang yang mengalami seperti ini harus diberikan perhatian khusus sehingga tidak terjebak dalam lingkungan sosialnya yang negatif.

2. Perbedaan Pendapat

Masalah perbedaan pendapat terkadang sering terjadi di antara anggota keluarga. Sebagai contoh, seorang ayah dan ibu berbeda pendapat tentang di mana anaknya melanjutkan belajar. ayah menginginkan anaknya melanjutkan belajar di universitas luar negeri karena sangat terjamin kualitas pembelajaran, namun ibu menegaskan bahwa universitas di indonesia sudah setara untuk menjamin kualitas pembelajaran yang tak kalah baiknya, dan juga dapat mengawasi perkembangan dan pergaulan anaknya. Dari perbedaan pendapat seperti contoh tersebut saja terkadang sudah dapat menjadi masalah sosial di dalam keluarga.

3. Perekonomian

Keadaan ekonomi yang kurang menentu kadang membuat seluruh anggota keluarga tersebut  bertindak secara tidak rasional dan menghilangkan nilai moralnya. contohnya : Redy seorang anak dari keluarga yang bercukupan. Namun pada suatu hari ia ingin mengupgrade komputernya. Setelah itu ia meminta pada orang tuanya, namun sayang orang tuanya akhirnya menolaknya dengan alasan hal tersebut tidak terlalu mendesak namun Redy memaksa. Namun akhirnya ia hanya mendapatkan amarah orang tuanya yang sudah kelelahan mecari uang. akhirnya Redy mencuri uang orang tuanya secara diam-diam untuk membeli apa yang dia inginkan. Dari contoh tersebut walaupun tidak secara langsung masalah terjadi dalam keluarga namun salah anggota keluarga akan merasakan suatu tekanan sehingga ia akan berbuat tanpa berfikir dengan jernih.

4.Adanya rasa saling tidak percaya yang muncul di setiap anggota keluarga

Adanya rasa saling tidak percaya yang muncul di setiap anggota keluarga akan menimbulkan suatu konflik kecil dan menjadi masalah social dalam keluarga.


Adapun cara untuk menghindari adanya masalah sosial dalam anggota keluarga adalah antara lain :

  • memusyawarahkan segala perbedaan masalah yang ada agar menemui jalan yg terbaik bagi semua anggota keluarga satu samalainnya,
  • selalu saling berkomunikasi dalam anggota keluarga agar tidak terjadi kesalah pahaman, karena komunikasi adalah hal yang paling penting yang selalu menjadi bagian di hidup kita sehari-hari,
  • Memberi informasi kepada anggota keluarga lain jika tidak dapat melaksanakan tugas yang sudah di sepakati bersama agar dapat bertukar jadwal tugas dan tidak menimbulkan rasa tidak bertanggung jawab.
  • hilangkan rasa saling curiga yang timbul antara anggota keluarga
  • timbulkan rasa saling menyayangi dan menjaga satu sama lain dalam keluarga

Sebuah keluarga adalah ruang lingkup terkecil dalam kita melakukan sosialisasi sehari-hari, jika di dalam lingkup keluarga saja kita sudah melakukan konflik dalam keluarga, maka kita akan sulit bersosialisasi di dalam masyarakat luas dengan baik dan benar.kliki h disini ttp://meilanififi.blogspot.co.id/2013/10/masalah-sosial-dalam-keluarga-dan.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar